Hesti Dwi Agusdiyanti

"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. "(Al-hadits) Guru adalah profesi untuk menjadi manusia bermanfaat. Terus berbenah untu...

Selengkapnya
Navigasi Web
RASI BINTANG FORMULAKU (1)
Proses membuat bintang dari karton

RASI BINTANG FORMULAKU (1)

#TantanganGurusiana

#TantanganHariKe-2

Matematika masih menjadi mata pelajaran yang kurang menarik dan sulit di kalangan siswa. Di sekolah tempat saya mengajar, matematika masih merupakan mata pelajaran menakutkan dan horor khususnya bagi siswa yang mengambil jurusan IPS SMA Negeri 8 Batanghari propinsi Jambi.

["Saya lagi baper (bawa perasaan) nih dengan siswa didik saya, maaf bapak ibu"]

Kalau di sekolah bapak ibu guru bagaimana? Apakah mapel yang bapak ibu ajarkan sama seperti saya kondisinya... Semoga tidak ya. Semoga semua mata pelajaran jadi mata pelajaran favorit di tangan bapak ibu gurusianer kreatif. Aamiin yra.

["Lanjut...."]

Ya, dari hasil empiris dengan nilai kelas X IPA diperoleh bahwa rata rata nilai siswa dari penilaian harian dan penilaian semester di semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 kelas X IPS untuk kelas yang saya ajar hampir tidak pernah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang saya tetapkan. Mirisnya lagi, tugas portofolio yang saya berikan untuk siswa pun sebagian besar isinya hanya seadanya saja dikerjakan. Sementara rata rata nilai penilaian harian dan penilaian semester siswa kelas X IPA sudah melampaui KKM.

["Ooo Emmm Jeeee......"]

Saya pun berkesimpulan sendiri bahwa ternyata sebagian besar siswa yang duduk di kelas X IPS belum memiliki pemahaman yang baik dan menyeluruh tentang matematika yang saya ajar. Selain itu, banyak siswa yang tidak sungguh-sungguh dalam menyelesaikan soal matematika mungkin karena mereka merasa matematika tidak bermanfaat untuk mereka.

[ "Benarkah begitu Ferguso? Oooo tidak" ]

Situasi ini harus segera saya pecahkan. Saya harus menganalisa dan mengambil tindak lanjut agar pada semester genap di tahun pelajaran yang sama, siswa kelas X IPS yang saya ajar, mulai tertarik mengikuti pelajaran. Maka dari itu, ibarat seorang detektif, saya pun melakukan sebuah penyelidikan sederhana.

Dan hasilnya....

["Eng ing eng..."]

Pertama....

Ternyata sebagian besar siswa merasa tertekan untuk belajar matematika. Mereka memilih IPS ya untuk menghindari pelajaran hitung menghitung, karena sejatinya konsep bilangan dan operasinya belum dikuasai dengan baik oleh sebagian besar siswa. Jadi tak perlulah ada pelajaran matematika. Jujur sekali ya siswa siswa saya. ["Emejing..."]

Kedua...

Ini tak kalah serem buat saya...

Siswa IPS tak suka belajar. Mereka beranggapan masuk di kelas IPS bisa santai belajar tanpa beban. Belajar matematika membuat mereka harus berpikir keras yang pada akhirnya membuat mereka tak ubahnya seperti robot yang hanya diam mendengarkan penjelasan guru. Dan selanjutnya membuai mereka ke alam mimpi. Hal ini mengingatkan saya seperti tak ubahnya sengaja menidurkan ketiga putri saya di malam hari. Saat malam larut dan mereka belum hendak tidur, saya meminta ketiga putri saya duduk rapi untuk mendengarkan saya berkisah petualangan seru yang mengasyikkan. Tak butuh waktu lama, mereka pun mulai mengantuk dan tugas saya selesai.

[Oke kalau begitu...]

Berbekal dua informasi ini, saya mulai menyusun strategi. Macam mau perang aja nih. Ya, perjuangan baru saja dimulai. Mau tak mau saya harus membuat sesuatu yang memancing kreativitas siswa dan membuat suasana belajar seperti bermain. Strategi seperti apakah itu?

["Ho ho ho"]

Ya, karena fasilitas di sekolah tempat saya mengajar belum terlalu lengkap saya harus membuat alternatif lain yang mengajak siswa siswi saya bebas berkreasi.. caranya bagaimana ya?

["Bintang!, ya.. itu dia.. "]

Seperti nya makhluk angkasa ini menarik perhatian saya. Saya ingin membuat filosofi dengan kata BINTANG. Bintang selalu bersinar di malam hari. Kita tak kan pernah melihat bintang muncul di siang hari. Ya, bintang selalu menyinari kegelapan disekitarnya.. Saya ingin membuat mata pelajaran matematika yang selama ini sebuah kegelapan buat mereka menjadi sinar terang untuk mereka. Semoga ya Allah

Lalu bukankah bintang bintang itu bisa membentuk sebuah rasi (pola tertentu)?

["Wow.. ide bagus ni"]

Rasi bintang dapat memberi petunjuk bagi setiap manusia yang melihatnya. Apalagi buat para nelayan dan orang orang yang melakukan perjalanan berbekal informasi alam.

["Tepat sekali"]

Ya, strategi itu saya beri nama RASI BINTANG FORMULAKU. Dengan sebuah harapan siswa didik saya yang kurang menyukai matematika bisa mendapat petunjuk bahwa matematika itu asyik dan menyenangkan.

["Insya Allah, aamiin"]

Mau tau apa itu rasi bintang? Yuk kepoin ditulisan berikutnya....

-Bersambung-

Jembatan mas, 22 Januari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post